Pada bagian-bagian unit AC ini yaitu Accumulator yang belum pernah di posting. Letak accumulator atau bahasa jawanya akumulator ini selalu berdampingan dengan kompresor untuk AC berukuran 0,5 pk s/d 3 PK khususnya untuk kompresor yang berkelamin ROTARY, kompresor yang berkelamin PISTON jarang sekali yang menggunakan Akumulator ini. Untuk ukuran besar ataupun kecilnya akumulator ini tergantung pada merk kompresor, karena pada merk kompresor tertentu dengan ukuran PK yang sama akumulatornya ada yang lebih besar. jika hendak mengganti kompresor yang baru harap disesuaikan dahulu dengan body outdoor unitnya agar memudahkan di dalam pemasangan kompresor sehingga akumulator tidak bergesekan dengan body/cover outdoor unit yang dapat menimbulkan suara bising pada unit outdoor AC.
Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini..??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure), Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor, disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini, dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant.
Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini..??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure), Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor, disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini, dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant.
0 komentar:
Posting Komentar