Sabtu, 04 September 2010

Apa itu Elektronika

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang beroperasi dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu rankaian elektronik/kit seperti komputer, peralatan elektronik rumah tangga, dan sebagainya. Sedangkan ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi. Bahkan cara untuk mempelajarinya pun tidak terlalu sulit, asalkan kita serius.   Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai Peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan/ piranti elektronik ini mis:  radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digital, komputer pribadi / desk-top, komputer Laptop, dan masih banyak lagi.
Industri elektronika yang paling kuat dan paling besar di dunia adalah di Jepang. Jenis industri dari Jepang ini merupakan pencipta dan pengekspor produk elektronika konsumen paling banyak dan paling produktif di dunia baik dari segi jumlah perusahaan maupun dari jumlah hasil produk teknologi-tingginya. Jepang banyak dikenal sebagai negara penghasil produk elektronika yang terbesar dan terbaik di hampir semua negara, seperti produk-produk dari perusahaan: Sony, Casio, Hitachi, Toshiba, Panasonic, Roland Sharp, dan masih banyak lagi. Disamping itu ada berbagai Industriserupa di negara lain.
Akhir-akrir ini  Industri elektronika mulai berkembang di Cina, bahkan Cina mampu memproduksi barang yang canggih dengan harga yang jauh lebih murah daripada Jepang. Soal mutu dari peralatan tersebut "kita lihat saja sendiri" nanti, bahkan hampir semua komponen elektronika yang ada di pasaran saat ini bertuliskan Made In China. Entah nanti kedepannya apakah Cina mampu merajai industri ini atau tidak, sebab konon banyak sekali Industri-industri besar mulai membangun pabriknya di sana.


Contoh hasil industri canggaih seperti MEMS (Micro Electro Mechanical Systems) yang merupakan raga/struktur peralatan elektro-mekanik terdiri dari sensor mikro, aktuator mikro dan peraga pendukung lainnya di dalam ukuran miniatur seukuran rangkaian keping terpadu (IC). Sebagaimana halnya dengan rangkaian keping terpadu, bahan substrat dasar yang digunakan untuk membuat MEMS komersial umumnya adalah silikon.
Contoh aktuator mikro yang terdapat pada MEMS adalah pompa mikro, pemancar (jet) mikro, dan motor ukuran mikro. Contoh sensor yang terdapat pada MEMS misalnya adalah sensor tekanan, sensor temperatur, dan sensor aliran dalam ukuran mikro. Dengan teknologi ini, pada saat ini sudah dimungkinkan mewujudkan apa yang disebut sebagai "Lab on Chip". Contoh dari produk ini misalnya apa yang dikenal sebagai DNA chip.
Contoh lainya masih banyak lagi.
Mudah-mudahan saja mereka bisa manjaga mutu dan bisa menjual dengan harga yang terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar