Senin, 10 Oktober 2011

Cara Install Dan Menggabungkan 10 Anti-Virus Rescue CD Ke Dalam Satu Bootable FlashDisk

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang bootable media dari beberapa Anti-Virus berbentuk Rescue CD untuk membersihkan komputer dari Virus. Dan memang, Rescue CD mungkin adalah solusi terbaik untuk membersihkan komputer yang sudah terlanjur terinfeksi. Karena selain jenis Anti-Virus yang ditawarkan juga beragam dari beberapa developer program Anti-Virus yang berbeda, kita juga tidak terbebani dengan memasang Anti-Virus di komputer hanya untuk tujuan membersihkan virus saja.
Permasalahan mulai muncul karena jumlah media untuk masing-masing bootable Rescue CD cukup banyak, sehingga kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Tapi itu tidak seberapa, justru masalah yang lebih sulit muncul di saat kita ingin menggunakan Rescue CD dalam bentuk keping CD/DVD itu di sebuah komputer yang tidak memiliki perangkat CD/DVD ROM. Contoh yang paling nyata adalah Netbook, dimana secara default komputer jinjing mungil yang sedang marak di Indonesia ini memang dijual tanpa perangkat CD/DVD ROM.
Untuk menjawab persoalan inilah kita memerlukan SARDU (Shardana Antivirus Rescue Disk Utility), sebuah software yang bisa mengumpulkan beberapa Rescue CD ke dalam satu media saja, USB Flashdisk.

Selain sebagai mediator untuk kumpulan ISO Anti-Virus Rescue CD, SARDU juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan update database virus dari masing-masing software Anti-virus ke dalam medianya (meskipun hanya 4 AV saja yang ada: Avira, BitDefender, F-Secure dan Kaspersky).
Fitur-fitur ekstra lainnya yang cukup bermanfaat juga disediakan oleh SARDU seperti tampak pada gambar dibawah ini:
Namun, karena fokus saya kali ini untuk Anti-Virus Rescue CD saja, maka fitur-fitur selain itu mungkin bisa Anda pelajari sendiri langsung lewat program ini atau dengan mengunjungiwebsite resmi SARDU.
Karena ukuran program SARDU ini sangat kecil, hanya sekitar 3MB saja, maka semua fitur-fitur di atas (termasuk Anti-Virus Rescue CD) harus didownload secara terpisah. Bisa dilakukan di warnet dengan bandwidth tinggi jika kuota data internet kita terbatas. Sebagai contoh, saya menghabiskan kuota space sekitar 1.1GB untuk mendownload 8 jenis Anti-Virus Rescue CD yang berbeda.
Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan agar bisa menggunakan SARDU di flashdisk:
  • Pastikan Anda melakukan instalasi SARDU untuk USB FlashDisk ini di komputer yang bersih/bebas dari Virus.
  • Download SARDU dari Softpedia Klik di SINI ].
  • Ekstrak file hasil download ini (SARDU_1.0.7.2.zip) di komputer, cari dan jalankan filesardu.exe.
  • Pilih dan klik merek Rescue CD dari 10 Anti-Virus yang disediakan.
  • Anda akan diarahkan ke website Anti-Virus yang dipilih lewat browser Anda, pilih dan download file Rescue CD yang disediakan masing-masing developer (*.iso).
  • Salin/copy file *.iso ini ke dalam folder program SARDU tadi (../SARDU_1.0.7.2/ISO/*.iso).
  • Restart SARDU (Tutup dan jalankan kembali file sardu.exe).
  • SARDU secara otomatis akan mendeteksi adanya file .iso dan menambahkannya ke dalam databasenya (Jika Anda tidak mendapati tanda centang di merek anti-virus yang sudah Anda download tadi, berarti Anda telah salah mendownload file yang dimaksud).
  • Siapkan dan pasang flashdisk Anda di komputer, pastikan space bebas yang tersedia di flash disk cukup untuk menampung semua file SARDU dan file .iso hasil download.
  • Klik menu Make Bootable USB, maka SARDU akan segera memulai proses instalasinya di UDB FlashDisk.
  • Jika tidak ada kendala, maka SARDU akan menampilkan pesan bahwa proses pembuatan Bootable USB telah berhasil dilakukan.
  • Selesai.
Sekarang Anda telah memiliki USB FlashDisk yang bisa Anda gunakan untuk booting dan membersihkan komputer dari virus. Anda hanya perlu memastikan bahwa komputer yang akan dibersihkan dari virus HARUS BISA BOOTING DARI FLASHDISK, BUKAN DARI HARDDISK yang ada di komputer tersebut. Setingan untuk booting lewat USB FlashDisk bisa Anda lakukan lewat BIOS disaat komputer dihidupkan atau di restart.
Catatan kecil:
Saat saya mencari lewat Google, entah mengapa belum ada rekan-rekan blogger dari Indonesia yang fokus di informasi seputar komputer yang mengulas software gratis dan berkualitas yang satu ini, SARDU. Semoga dengan adanya tulisan ini, para blogger lain di Indonesia ikut mengulas dan menyebarkan info tentang SARDU ini kepada para pengunjung blognya, sehingga para pengguna komputer di Indonesia tidak lagi bingung bagaimana cara mengatasi komputer yang sudah terlanjur terinfeksi virus.
Salam, semoga bermanfaat.

4 komentar:

Slamet Riyadi mengatakan...

selain Anti virus booting...ada juga berbagai tool yang dibutuhkan rekan2 teknisi komp, live cd dan juga instaler linux dan juga windows xp home sampai seven...sungguh luar biasa software satu ini...

bagibrowsur mengatakan...

matur nuwun mas, apik tenan iki ilmune, maturnuwun, maturnuwun

Anonim mengatakan...

.
slam kenal bro.
aq udah promosikan sardu ini sejak 2 tahun lalu dan memang jarang dibahas di forum indonesia, mungkin karena user atau teknisi di indonesia sulit mendapat koneksi internet yg cepat untuk mendownload tiap bagian file yg dibutuhkan sardu.

yg vital, jangan lupa isikan hiren terbaru serta DrWebCureIt (antivirus ampuh dengan hampir 3 juta database virus).

aq punya trik untuk membuat flashdisk kita kebal virus sekaligus sebagai antivirus portable yg tangguh, bukan hanya file autorun nya yg diblok tetapi memakai feature folder tahan virus milik smadav. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di forum smadav tentang ulasan aq.

Trik aq sudah terbukti ampuh menangani "mbahnya netbook" yaitu Toshiba Portege R100 yg terjangkit virus Sality all varian, Virut all varian dan puluhan virus lainnya. Toshiba Portge R100 ini tidak ada pembaca optik / DVD/CDROM, tidak bisa boot USB dari BIOS dan harddisk berukuran 1,5 inchi (sulit sekali mencari kabel adapternya di Indonesia karena sebagai perlengkapan standar Toshiba).

H3NO

guruh saeful anwar mengatakan...

menurutq sardu memang keren tapi pas q coba,untuk buat bootable win7 kok kagak bisa aneh deh. gmana caranya yah?mohon bantuannya.

Posting Komentar