Sabtu, 03 Oktober 2009

Cara mengetahui kompresor yang bagus

Jika hendak membeli kompresor baru pastikan dahulu lakukan pengetesan di toko atau di rumah, karena bila tidak di test dahulu dan kompresor sudah terpasang/tersambung dengan kondesor dan kondisi kompresor yang baru ternyata kurang memuaskan, kompresor tersebut tidak bisa di kembalikan. *barang yang sudah di beli tidak dapat di tukar*

Bagaimana caraya agar kita mengetahui kompresor masih dalam keadaan bagus dan siap pakai..??
Hal pertama yang perlu di lakukan adalah: 
Ukur ketiga tanahan terminal SCR ke body compressordengan multi tester skala ohm (Ω) 1x ohm, jika ada tahanan dan jarum bergerak keatas berarti kompresor tersebut sudah jelek *No Good* contact body atau konsleting, jika jarum tidak bergerak saat di hubungkan ke compressor body berarti kompresor dalam kondisi bagus.

Lakukan pengetesan kompresor secara manual sebelum di Las untuk mengetahui seberapa besar tekanan dan hisap nya pada kompresor yaitu dengan cara menekan dengan tangan pada pipa tekan kompresor dan pipa hisap kompresor.

cara melakukan pengetesan kompresor melalui pipa tekan yaitu pada saat kompresor di hidupkan tekan dengan tangan pada pipa tekan berulang-ulang *buka..tutuup* selanjutnya tutup dengan tangan pada pipa tekan *jangan di lepas* kemudian cabut power kompresor, pada saat kompresor mati tekanan pun hilang namun pada kompresor ini masih terdapat sisa kompresi udara, lepaskan tangan yang menutupi pipa tekan tadi, jika pada saat itu kompresor masih mengeluarkan sisa kompresi udara berarti kompresor masih bagus.

Cara mengetahui pengetesan kompresor melalui pipa hisap yaitu caranya sama dengan pengetesan kompresor pada pipa tekan, hanya perbedaanya pada pipa ini jika pada saat kompresor sudah tercabut dari powernya tangan yang menutupi pipa hisap itu akan terus menempel *terhisap kompresor*

Jika di antara kedua hal tersebut di lakukan maka akan terlihat kondisi kompresor itu baik atau bagusnya dan siap di pasang.
Tanda jika kompresor tersebut NO Good adalah pipa tekan kompresor pada saat di tutup akan keluar udara pada pipa hisap begitupun sebaliknya jika pada pipa hisap kompresor tertutup dengan tangan dan tangan kita tidak merasakan hisapan yang kuat dari kompresor itu juga bisa menandakan kompresor itu tidak layak di pasang.
Jikalau kita sudah mengetahui kondisi kompresor seperti gejala tadi lebih baik jangan di pasang karena hasil pendinginan yang di capai kompresor tidak akan maksimal.


Untuk mengetahui kompresi kompresor masih bagus pada
Outdoor unit Air conditioner (AC)


- Hidupkan AC tunggu beberap saat hingga outdoor mendapat supply arus listrik
- Pasang tang amper pada salah satu kabel di kompresor apakah sesuai dengan standarnya
- Pasang selang manifold warna biru pada pipa hisap (low pressure) atau pentil 
pengisian freon
- Pasang selang manifold warna merah pada pipa tekan (high pressure)

manifold gauge

Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi.
- Manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh, jika jarum meter terus bergerak minimal 300 psi pertanda kompresinya masih dalam keadaan bagus.
- Manifold meter warna biru terpasang pada pipa hisap yaitu pada pentil pengisian freon jika jarum meter menunjuk pada posisi 50 psi s/d 75 psi berarti kompresor masih bagus (tergantung banyaknya 
isi freon)
"Khoirunnas manfaunnas" (Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia)

0 komentar:

Poskan Komentar