Sabtu, 03 Oktober 2009

Cara mengisi freon ( Refrigerant 22 )

AC yang tidak dingin salah satu peyebabnya adalah kekurangan Freon, bila freon AC sudah habis harus segera di isi freon bila tidak akan berakibat pada kompresor yang cepat panas dan lama kelamaan kompresor rusak cara mengganti kompresor Berikut akan saya ulas tentang cara pengisian freon pada AC ( Split, ceilling, cassete, floor standing, split duct, dll) sebelum kita mengisi freon cari terlebih dahulu titik kebocoran freon nya pada pipa bila sudah ketemu langsung di tambal pakai Las acetilyn setelah itu mulai isi freon pada AC Split.


Alat - alat yang di perlukan :

1. Siapkan alat ukur Refrigerant ( manifold gauge ) seperti Gb di atas
2. Kunci belanda inggris
3. Tang Amper / clamp meter
4. Obeng plus / kembang
5. Tabung gas Refrigerant R22

Isi Freon AC Split 1 pk s/d 3 pk: buka cover dengan obeng pada outdoor AC yang menutupi pipa pengisian (pentil) AC lepaskan penutup pentil pakai kunci inggris lalu pasang selang manifold warna biru pada pentil dan selang warna kuning pada tabung freon R22. cantumkan tang ampere pada kabel AC outdoor untuk melihat amper AC. usahakan pada saat pengisian freon di sesuaikan dengan current amper nya ( tertera pada casing AC indoor ) misalnya : AC merk Panasonic 1/2 pk current amper 2,5 amp. lakukan pemakuman dengan mesin vakum bila tidak ada mesin vakum ada cara lain (maaf caranya belum di posting). Hidupkan AC dan tunggu sampai outdoor hidup (biasanya jeda 2 menit) Siapkan kran manifold posisi tertutup lalu buka kran full pada tabung R22 bila outdoor sudah mendapat suply listrik ( kompresor on )buka kran manifold merah untuk membuang sisa udara yang terdapat pada selang pengisian karena AC tidak akan dingin bila freon tercampur dengan udara.
Lakukan pengisian freon dengan sistim buka tutup kran agar freon yang masuk tidak merusak clap pada kompresor, isi freon perhatikan amper AC sesuaikan dengan current amper dan jarum pada manifold isi freon hingga jarum menunjuk pada angka 65 atau 70 psi, lihat pada Pipa AC (kecil) bila pipa sudah mulai basah (kondensasi) berarti proses pengisian freon sudah bagus.

Isi Freon AC ceilling, cassete, floor standing, split duct : Cara pengisian freon nya sama dengan cara mengisi freon AC split hanya berbeda sedikit, bila kita hendak mengisi freon pada AC di atas 4 pk dst sebelum outdoor unit mendapat suply listrik ( kompresor off ) lakukan pengisian freon hingga 50%.

0 komentar:

Posting Komentar