Sabtu, 04 September 2010

Masalah Umum TV Goldstar


Masalah yang sering terjadi pada TV Goldstar ataupun LG  tipe CA xxx  biasanya adalah seperti ini 
Pada layar akan nampak Flek hitam, biasanya disebelah kiri. Persoalan sebenarnya adalah tegangan untuk Video kurang dari semestinya. Hal ini disebabkan karena capasitor untuk vcc 180v agak kering.
Gejala yang lain adalah layar terlalu terang, ada garis-garis putih dilayar. Gambar jadi sulit dikontrol warnanya ataupun mutu gambarnya.
 Jadi bilamana menemui hal seperti itu ganti aja capasitor tsb ( biasanya bernilai 10uf/250v) dengan nilai sama atau bisa kapasitasnya diperbesar. Insya Alloh TV akan sembuh seperti semula.
   Kasus yang lain adalah TV langsung nyala ketika kita on kan main swith. Padahal sebenarnya TV seharusnya posisi standby pada saat pertama kali dinyalakan.
jika ini terjadi itu merupakan gejala kalau IC memory kondisinya rusak tapi belum parah. Dengan mengganti IC tsb ( IC 24C02 ) maka TV akan bekerja secara normal kembali.
Untuk antisipasi agar kerja kita jadi awet, ganti juga C untuk horiz driver dan pump out (pokoknya elco yang untuk tegangan tinggi). Juga solder ulang daerah power suply dan horisontal. Dengan begitu maka TV akan awet dan tahan lama.
OK.  Silahkan dicoba.......

0 komentar:

Posting Komentar