Sabtu, 04 September 2010

Polytron Sering Mati

   TV Polytron minimax series, kadang mengalami problem sering mati. Tapi tidak semuanya mengalami problem seperti ini. Untuk problem yang lain dulu pernah saya ulas disini.!
Nah bila anda menemui kasus yang seperti ini atau mirip dengan ini, mungkin ualsan kali ini bisa membantu anda. Biasanya kondisi TV mati total. Rangkaianpower suply menggunakan transistor jenis FETyaitu type FS7UM. Transistor inilah yang sering mati / rusak.Coba ganti transistor tersebut dengan yang baru, lalu coba nyalakan TV. Kalau bisa nyala berarti beres tapi jika tidak nyala cari kerusakan lainnya. Eiit tapi jangan ditutup dulu tunggu beberapa saat, lalu cek kondisi headsink transistor ini. jika panasnya terlalu / over maka dipastikan TV tidak akan bertahan lama. Coba periksa lagi komponen pendukung lainnya apa masih baik atau ada yang berubah nilainya.
  Untuk headsink yang panasnya terlalu tadi kadang penyebabnya adalah karena mutu dari transistor yang kita gunakan kurang baik. Saya juga pernah mengalami hal yang seperti ini dan aku coba dua kali tapi selang sehari kemudian TV mati lagi. Lalu atas saran teman saya coba pakai type yang lain yaitu 10N60 dan ternyata panas hanya sedang-sedang saja dan hasilnya TV jadi awet.
Jadi bila anda mengalami kasus yangsama seprti ini coba pakai 10N60 jangan pakai FS7UM. Yaa mungkin saja mutunya FET seri itu sudah tidak memenui syarat lagi.
OK... Semoga sedikit info ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar